Suka fotografi, kalau sudah besar mau jadi apa?

Suka fotografi, kalau sudah besar mau jadi apa?
Dahulu, fotografi adalah profesi yang cukup banyak di idam-idamkan. Selain bagian dari dunia bisnis, seorang fotografer juga identik dikelilingi oleh para wanita cantik. Namun, itu hanya persepsi orang-orang saja, kenyataanya entah benar atau tidak. Namun, bukan soal hal tersebut yang ngin saya bahas. Melainkan dari sisi lain yang barangkali belum banyak orang tahu.

Saat era DSLR, fotografi masih menjadi ladang penghasilan yang cukup menjanjikan dalam tanda kutip kalangan profesional. Namun, sejak adanya pergeseran teknologi smartphone, kini era DSLR sudah mulai tertinggalkan. Terlebih untuk saat ini para produsen smartphone berlomba-lomba dalam membuat teknologinya lebih unggul di bagian kamera. Ya, tentunya ini membuat fotografi makin mudah untuk dipelajari. Hanya berbekal kamera smartphone, kini siapa saja bisa membuat foto layaknya profesional.
Suka fotografi, kalau sudah besar mau jadi apa?

Dengan adanya teknologi smartphone tersebut, siapa saja bisa memotret layaknya fotografer profesional. Namun, profesi fotografi juga selayaknya dokter, selagi masih ada yang membutuhkan, profesi tersebut masih akan dibutuhkan. Akan tetapi, bagi siapa saja yang tak siap untuk mengupgrade kemampuannya skill ataupun diluar kemampuan tersebut, dengan cepat bisa tersingkirkan. Menurut saya, fotografi tidaklah jauh berbeda seperti bisnis pada kebanyakan umumnya, inovasi selalu menjadi senjata dalam mengantisipasi musuh datang. Seperti halnya beberapa waktu yang lalu, saat amazon menyewa 40 an maskapai penerbangan untuk menekan cost pengiriman barang pada konsumennya, beberapa saat setelah berita tersebut terpublikasikan, harga saham-saham yang berkaitan dengan bisnis jasa pengiriman sudah mulai turun dibawah 5%, bahkan termasuk perusahaan-perusahaan maskapai penerbangan.
Suka fotografi, kalau sudah besar mau jadi apa?

Saat ini, fotografi bukanlah barang mewah seperti pada jaman dahulu. Akan tetapi, dengan adanya kecanggihan smartphone, kini fotografi malah semakin diminati. Artinya, orang-orang yang sebelumnya tak begitu menekuni fotografi, kini bisa belajar dan mulai terbantukan dengan kecanggihan teknologi tersebut. Namun, bagi para fotografer profesional yang belum bisa membuat pasar, dengan adanya hal tersebut tentu merasa sedikit terusik. Akan tetapi, bagi mereka yang masih ingin bergelut di bidang fotografi, kini mulai merambah ke bidang videografi. Suka fotografi? Kalau sudah besar mau jadi apa? Fotografi belum mati, selagi mau dan ingin mempelajari, semua ada solusi.

Komentar

Popular Post

11 Tips Fotografi Saat Mendaki Gunung

Bukan Seberapa Jauh Kalian Pergi

Solo traveling & kata orang lain

Traveling Ke Lombok Tanpa Kata Cuti