Tips & Trik Memotret Siluet Saat Traveling

Memotret siluet saat sunset sedikit lebih sulit ketimbang foto kebiasaanya, hal ini dikarenakan oleh kondisi pencahayaan & moment terjadinya sunset. Banyak orang menganggap bahwa teknik memotret siluet adalah hal yang paling simple, padahal tidak. Untuk memotret siluet yang maksimal perlu memahami tips & triknya:
Tips & Trik Memoret Siluet Saat Traveling
alam dan manusia bisa dijadikan perpaduan siluet yang epic
1. Moment Sunset VS Sunrise
Sunrise-pun bisa dijadikan foto siluet, bahkan ketika seseorang melihat foto kita, sulit untuk membedakan keduanya.

Jika akrab dengan fotografi, tentu tahu apa itu aperture dan ISO. Tenang, artikel ini bukan hanya untuk para pemakai DSLR saja. namun, smartphone pula, ulasannya akan ada dibawah ini.
Bentuk sunset umumnya  terlihat bundar, jika penggunanaan aperture (f/22), hasil foto akan menyerupai bentuk bintang, dan penggunaan aperture-pun akan menyelarasakn ISO yang digunakan.

Jika memotret menggunakan smartphone, seringkali over exposure. maklum saja, karena memang lensa kamera smartphone diciptakan untuk safety shoot, tapi jangan meremehkan, apalagi dijaman canggih ini. Saya saja, seringkali menggunakan smartphone untuk keperluan memotret, dan ini sangat membantu pekerjaan.
Tips & Trik Memoret Siluet Saat Traveling

Bagaimana untuk mengatasi exposure di smartphone? cukup tap layar smartphone dan tahan, biasanya akan muncul pengaturan cahaya. Jika over exposure, kurangilah, dan begitu sebaliknya (trik simple)

Note: tidak semua smartphone bisa menggunakan teknik ini, tapi saya yakin, hampir semua smartphone dibekali manual tap fokus pada layar (sentuh layar). jika layar disentuh, masing-masing lokasi pada layar akan menghasilkan cahaya yang berbeda.

2. Kondisi Awan Saat Sunset
Kondisi awan akan memaksimalkan hasil foto, namun bisa juga memperburuk hasil foto. perhatikan hasil foto saya berikut:
Tips & Trik Memoret Siluet Saat Traveling
before: lihatlah awan diatas tangan perempuan
Tips & Trik Memoret Siluet Saat Traveling
after

perhatikan bagian tangan perempuan, sedikit ada awan diatasnya, sehingga hasil foto siluet kurang maksimal, seolah-olah hasil foto edit yang gagal, benarkan? pindah & ganti gaya foto jika memang itu diperlukan.

Jangan malu untuk editing, apalagi untuk foto kalender dll, menurut saya adalah hal yang wajib. Namun perlu diketahui, harus punya foto bagus terlebih dahulu sebelum editing. Saya yakin, foto bagus mau diapakan saja akan tetap bagus, berbeda dengan foto yang tak layak, mau diapakan saja akan tetap sama. 
Tips & Trik Memoret Siluet Saat Traveling
alam-pun bisa menjadi foto siluet, coba tebak, ini gunung apa?

3. Hal Yang Paling Sulit
Bagi fotografer, ini akan mudah. bagi orang awam, ini akan sulit, mengapa? foto siluet sama halnya dengan bayangan, dibutuhkan objek yang mempunyai bentuk dan rupa seni yang maksimal, dan hampir keseluruhan objek yang dipotret akan menjadi hitam, seolah-olah layaknya bayangan, jika fotonya tak membentuk siluet yang diinginkan, bisa diulangi, sulit bukan?

Jika seniman, foto bayangan akan jadi sesuatu karya yang indah, namun tak perlu untuk menjadi seniman terlebih dahulu, cukup perbanyak melihat referensi foto sebelum memotret, hal ini juga saya terapkan.
Tips & Trik Memoret Siluet Saat Traveling
before berganti gaya & anggle foto

Tips & Trik Memoret Siluet Saat Traveling
after berganti gaya & anggle foto
Tips and triknya? jika kita memotret teman, bilang dan buatlah agar dia bergerak, seolah-olah sedang beraktifitas. banyak ko, bisa melompat, lari, hingga berpelukan seperti teletubies.hehe

Komentar

Popular Post

11 Tips Fotografi Saat Mendaki Gunung

Solo traveling & kata orang lain

6 peralatan fotografi landscape

Bukan Seberapa Jauh Kalian Pergi

Suka fotografi, kalau sudah besar mau jadi apa?