pantai sadeng bukan batas pantai jogja dan jateng

pantai sadeng gunungkidul merupakan salah satu dari sekian jajaran pantai selatan jawa. banyak orang beranggapan bahwa pantai tersebut adalah tapal batas antara yogyakarta dan jawa tengah. jika ditinjau dari segi peta lokasi (GPS), maka pantai krokoh adalah batasnya. saya sertakan pula GPS untuk pantai sadeng dan krokoh di artikel bagian bawah ini.
pantai sadeng bukan batas pantai jogja dan jateng

pantai sadeng merupakan tempat yang dijadikan pelelangan ikan dari sekian banyak pantai selatan jawa, lokasi dan akses yang cukup mudah, maka tempat ini sekaligus dijadikan wisata. jika diperhatikan, sekilas mirip dengan pulau nusakambangan, tebing-tebing yang menjuru ke tengah laut, hingga pulau kecil didepannya, dan juga tempat nelayan lalu lalang beraktifitas.
pantai sadeng bukan batas pantai jogja dan jateng

jika kalian penghobi memancing ikan, disinilah salah satu tempatnya. jika ingin sewa kapal bisa menghubuni nelayan setempat. harga sewa tergantung pada durasi waktu serta jarak tempuh.

sedikit cerita menarik ketika saya sedang membuat video timelapse. seorang bapak tua, memakai celana putih, tiba-tiba menghampiri kamera saya. saat itu posisi kamera sedang terpasang kokoh pada tripod. merasa kaget dan sedikit khawatir, kalau tripod akan tersenggol, bukan maksud apa-apa, jika tersenggol pun sudah wajar, namanya unsur manusia. jika satu frame gagal akibat kesenggol, yang lainnya pun akan gagal. beruntung pada waktu itu tak kesenggol, jadi saya tak perlu mengulangi pembuatan video tersebut.
pantai sadeng bukan batas pantai jogja dan jateng

setelah beliau menghampiri, melihat kamera saya "ohh lagi memotret". "iya pa", jawab saya.
untuk menyambut hangat perbincangan, "paaa, dari pantai sadeng ke pantai krokoh perbatasan jogja dan jateng jauh ngga?" tanya saya kepada beliau. serontak saya kaget dengan jawabannya, "ohhh, kalau dari sini naik pesawat, nanti mendarat dipantai sebelah". tertawa terbahak-bahak dalam hati "owalahh ini kelainan jiwa, hahaha". tapi ini memang benar dan saya pun punya foto tingkah lucunya haha, sekilas saya perhatikan sedang menggoda anak-anak wanita yang sedang selfie, tentu mereka pada tertawa, barangkali karena tingkah candanya, akhirnya para wanita tersebut tak jadi selfie.hehe
pantai sadeng bukan batas pantai jogja dan jateng

untuk info, dari pantai sadeng ke perbatasan pantai krokoh jaraknya dekat, sekitar 20 menit, namun sebelum masuk ke pantai, harus berjuang melewati bukit dan lembah, ehh maksudnya jalan bebatuan yang naik turun.hehe, bagi yang membawa kendaraan pribadi, sebaiknya menitipkannya di desa terakhir. kalau pakai trail bisa, jangan lupa didownload pula GPS agar bisa dipakai ofline, terkadang susah sinyal.

# GPS  pantai sadeng


# GPS pantai krokoh


note: teman saya berulangkali kesini dan nyasar akibat mapsnya kurang akurat, namun pada saat itu saya langsung sampai. jangan ragu untuk pakai GPS (gunakan penduduk sekitar) hehe, banyak petani yang tahu, sebut saja pantai ngrokoh/krokoh.

Komentar

Popular Post

11 Tips Fotografi Saat Mendaki Gunung

Suka fotografi, kalau sudah besar mau jadi apa?

Solo traveling & kata orang lain

6 peralatan fotografi landscape

Bukan Seberapa Jauh Kalian Pergi