Telaga Warna Dieng Destinasi Menarik Wonosobo

Telaga Warna Dieng, Kabupaten Wonosobo adalah salah satu objek wisata yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Telaga ini merupakan salah satu destinasi andalan Kabupaten Wonosobo. Meskipun banyak tempat menarik lainnya seperti, sikunir, candi arjuna, dan telaga dringo, namun, telaga warna ini selalu menjadi primadona bagi para pengunjung wisatawan.
Telaga Warna Dieng Destinasi Tak Terlupakan
Bukan tanpa sebab bila telaga tersebut berbeda warna, namun fenomena alam inilah terjadi karena air yang mengandung sulfur tinggi. walaupun begitu, ternyata air di telaga ini dimanfaatkan sebagai irigasi pengairan kebun kentang oleh warga setempat.

Untuk menuju kesini memang sedikit effort, apalagi jika berangkat dari yogyakarta, tentu banyak tanjakan dan jalan berliku yang harus dilalui. setelah sampai, menurut saya woth it dengan pemandangan yang disuguhkan.

Telaga Warna Dieng Destinasi Tak Terlupakan
tak jauh dari telaga warna sekitar 5 menit saja, kita bisa mampir ke komplek candi candi arjuna dan setyaki, menariknya lagi karena satu lokasi serta berbatasan langsung dengan kabupaten wonosobo dan banjarnegara. jadi tak perlu repot untuk berpindah jauh kelain tempat wisata lainnya.
Telaga Warna Dieng Destinasi Tak Terlupakan

untuk teman-teman yang mau mengunjungi komplek candi arjuna, sebaiknya atur jadwal saat sore hari, tentunya matahari tepat menghadap depan candi, apalagi untuk mendokumentasikan perjalanan, sangat cocok jika berfoto diarea candi, tentunya disuguhi dengan latar belakang bukit yang hijau.
Telaga Warna Dieng Destinasi Tak Terlupakan

bila berniat untuk mendaki gunung prau, sebaiknya memilih jalur pendakian yang paling dekat dari wisata diatas, adapun jalur pendakian yang paling terdekat adalah via dieng wetan dan kalilembu, ketika saya mendaki lebih memilih menggunakan via dieng wetan, selain lokasinya yang berdekatan dengan telaga warna, jalur tersebut akan bertemu pula dengan kalilembu, tentnuya ditengah perjalanan saat mendaki.
Telaga Warna Dieng Destinasi Tak Terlupakan

untuk jalur yang paling ramai tentnuya via kalilembu, bahkan saat malam hari sekalipun, faktanya terlihat dari banyaknya sorotan senter pendaki dari jalur yang saya lewati. tak usah bingung akan memilih jalur yang mana, menurut teman saya yang sudah pernah mendaki lewat jalur patak banteng, trackingnya lebih effort dari pada jalur lainnya.

* harga tiket telaga warna dieng
weekend @Rp 8.500,- (include insurance)
weekday @Rp 7.500,- (include insurance)

* kompleks candi arjuna
weekend @Rp 7.500,-

* harga tiket pendakian gunung prau via dieng
@Rp 10.00,-

Komentar

Popular Post

11 Tips Fotografi Saat Mendaki Gunung

Solo traveling & kata orang lain

6 peralatan fotografi landscape

Bukan Seberapa Jauh Kalian Pergi

Suka fotografi, kalau sudah besar mau jadi apa?