7 tips traveler pemula

tips traveler pemula ini barangkali bisa ngebantu kalian yang sukanya jalan-jalan, mungkin dari kalian ada yang berfikir gimana si caranya menjadi traveler yang dibayar, gratis, dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang muncul, stoppp jangan mikirin itu dulu. pertama disini gue akan sharing beberapa tips buat yang suka traveling semoga aja ngebantu buat para temen-temen yang mau terjun didunia ini.
7 tips traveler pemula
1. nabungggg
yessss, ini sangat jelas, untuk pertama kali memang harus merogoh kocek sendiri dalam-dalam, sebenernya apa si tujuannya traveling? kalau memang untuk pertama kali pokoknya jangan orientasi yang namanya duit, karena semua profesi udah ada yang nentuin, banyak-banyak aja berdoa biar hidupya makin beruntung­čść­čść.



gue masih ingat betul pertama kali datang ke bali pas waktu masih SMA, jaman dulu traveling masih mahal, ngga seperti sekarang serba mudah bisa pesen hotel dengan sekali sentuh, dulu gue ngga pernah sama sekali ngebayangin betapa enak dan bahagianya ketika liburan ke tempat-tempat yang indah, tetapi sekarang malahan punya hobi jalan-jalan dan ketambahan lagi suka fotografi, udah pasti tambah semangat travelingnya. buat temen-temen yang mau traveling gue saranin jangan jauh-jauh dahulu, ada pepatah yang mengatakan sekali dayung  dua tiga pulau terlampaui, yesss ini sangat bener banget. pokoknya seperti ini, kalau memang bener mau jadi travelers sejati entah travelingnya gratis atau dibayarin pokoknya jangan putus asa, anggaplah ini sebagai passion dan hobi, jadi ketika ngeluarin uang banyak buat traveling ngga bakalan yang namanya ngerasa mubadzir, dengan begitu kita akan merasa selalu fun.
2. jangan bawa barang terlalu banyak
mungkin ini masih menjadi kendala khusunya buat kaum perempuan, tapi seenggaknya masih bisa dikurangin barang bawaan yang menurut elu gak penting. dulu pernah waktu gue mau berangkat ke surabaya tetapi barang bawaannya terlalu banyak dan sampe-sampe ngga bawa yang namanya tripod, sampe sana mau motret dan bikin video ngerasa ada sesuatu yang kurang, tapi ya sudahlahhh buat pelajaran aja kalau gue mau traveling harus bawa tripod biar lengkap. buat temen-temen yang mau traveling jauh jangan lupa buat ninggalin barang-barang yang ngga penting, karena siapa tahu nanti pulangnya bawa oleh-oleh, kan lumayan bisa ngirit tenaga sekaligus barang bawaan, apalagi jika travelingnya sendirian.
7 tips traveler pemula
3. perbanyaklah referensi
karena hobi gue adalah travel fotografi maka harus nyari referensi tempat tinggal, tempat makan, hingga riset mengenai tempat yang akan difoto nantinya. apa sih yang membuat referensi itu penting?  pertama akan ada pengaruhnya dengan budget, kedua kerepotan, ketiga nyaman. yesss ini simpelnya aja, dan masih banyak lagi manfaatnya. buat yang suka traveling dan fotografi pokoknya riset dulu, entah mengenai tempat atau sekiranya gambaran mengenai angle foto yang akan diambil, tentunya ini juga salah satu konsep dari travel fotografi.

4. menjadi travel blogger
mungkin dari elu ada yang pinter nulis dan begitu sebaliknya ada yang cuman pinter motret, saran gue mending belajar sedikit demi sedikit, apa sih manfaatnya jadi travel blogger? mungkin untuk para pemula masih bingung konten apa yang mau ditulis, tips dan saran dari gue pas ditempat wisata usahakan bawa buku catatan kecil, kalau ngga sempet bisa ditulis di hp, kalau ngga sempet lagi bisa difoto tempat yang kira-kira mau dijadiin bahan tulisan, semua itu bisa simple asalkan kita mau berusaha. gue masih inget banget yang namanya menulis bukanlah hobi dan pasiion gue, ehh tapi lama kelamaan setelah nulis sampai lima artikel seperti ada rasa bangga sekaligus kecewa, karena apa? pertama rasa bangga akan muncul "ternyata gue bisa nulis yahhhhh, ngga nyangka banget" (dalam hati), kedua rasa kecewa "kenapa tulisan gue jelek bangetttt, pokoknya harus ada perbaikan, bodo amat entah yang baca ngerasa nyaman apa ngga yang penting berfikir sambil ngetik dan ngetik" nanti belakangan bisa di edit.
7 tips traveler pemula
5. merencanakan budget
jangan mengira bahwa traveling itu cuman seneng-seneng, behind the scene nya udah jelas banget bahwa planning mengenai budget sangatlah penting dan matang, jangan sampai kita udah dilokasi tapi kehabisan uang, iyaaa kalau ada ATM dan sejenisnya, kalau ngga ada mau ngapain? bahkan di pedalaman aja terdakang sinyal ngga ada, usahakan sisakan sedikit buat jaga-jaga siapa tau kehabisan uang, tetapi hal yang paling terpenting adalah tiket pulang pergi (pp) udah kebeli semua, jadi bisa aman.
7 tips traveler pemula
6. backpacker atau solo travelers?
entah mau memakai modelyang mana ketika traveling ingatlah tips di atas yang sebelumnya gue tulis, tujuannya sama antara backpacker dan solo travelers, hanya saja konsep dan perencanaannya yang berbeda, namun tujuannya sama, yaitu ingin traveling.
7 tips traveler pemula
7. tiket promo
jika udah punya planning mau ngunjungin destinasi pokonya pantengin terus yang namanya harga tiket, hari ini dan besok harganya bisa berbeda entah itu karena dari faktor cuaca dll. biasanya pas musim hujan harga tiket banyak yang diskon, mungkin aja karena faktor cuaca atau lain-lain, tapi yaitu resikonya ketika musim penghujan, kalau kemana-mana terkadang repot sendiri, mau keluar dari hotel buat motret aja cuacanya kurang mendukung, tapi ya sudahlahh dinikmatin apa yang sedang terjadi...semoga tips diatas membantu buat teman teman yang sukanya traveling.. tanks.
7 tips traveler pemula

Komentar

Popular Post

11 Tips Fotografi Saat Mendaki Gunung

Solo traveling & kata orang lain

6 peralatan fotografi landscape

Bukan Seberapa Jauh Kalian Pergi

Suka fotografi, kalau sudah besar mau jadi apa?