5 manfaat dan keuntungan menulis di blog

ada banyak manfaat dan keuntungan menulis di blog yang seringkali disepelekan oleh banyak orang, padahal dengan cara menulis di blog bisa menghasilkan uang tambahan. kebanyakan orang menganggap bahwa gue cuman bisa menghabiskan waktu keseharian didepan komputer dan sambil ngopi, padahal itu anggapan yang menurut gue cara berfikir kurang luas, karena apa? banyak lahir para penulis terkenal berawal dari iseng nulis di blog, tapi yasudahlahh itu anggapan orang lain, yang terpenting adalah selagi masih diberi umur untuk selalu berkaya, walaupun masih berusaha untuk memperbaiki tulisan tulisan yang tak jelas ini. berikut manfaat dan keuntungan ngeblogging
5 manfaat dan keuntungan menulis di blog

1. bisa belajar menulis
ada banyak cara untuk belajar menulis, dari mulai dunia nyata hingga dunia maya, dan tergantung diri kita untuk memilih mana yang terbaik, karena semua itu sama-sama punya manfaat dan keuntungan. dulu awal gue ngeblog bukan orientasi penghasilan, melainkan punya hobi traveling dan memotret, namun hobi tersebut menurut gue bakalan lebih bermanfaat jika disambi dengan menulis, entah tips traveling, fotografi, menulis cerita perjalanan dan masih banyak lagi.



awalnya ngga percaya bahwa menulis bukanlah gue bangettt, tapi setelah mencoba menulis beberapa artikel rasanya sedikit bangga dan sekaligus kecewa, karena apa? disatu sisi bisa berkarya dan sisi lain tulisannya ngga jelas, sampai sekarang ini pun masih ngga jelasπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†. pada intinya menulis di blog tidaklah susah seperti yang dibayangkan, berbeda halnya dengan jurnalistik yang lebih mengedepankan aturan dan tata bahasa yang baik, jika punya kelebihan dan hobi menulis kenapa tidak disalurkan saja melalui blog, sooo bakalan bermanfaat bagi pembacanya.

cantik: bangg gue mau belajar ngeblogging nihhh, tapi bingung mau mulai dari mana

jelek: neng cantik kagak usah bingung, semua pasti ada yang namanya trial and eror, kalau masih bingung buatlah akun blog terlebih dahulu, lalu mulai menulis dari apa yang disukai dan pahami, misalnya saja artikel mengenai seputar traveling dll, dengan cara menulis sesuatu yang kita pahami dan disukai barangkali tidak akan dianggap konyol oleh pembacanya



cantik: gue bingung nih bangg pengen punya blog dengan desain yang menarik

jelek: template memang salah satu hal yang bisa membuat pembaca nyaman, dengan navigasi yang jelas memungkinkan kita terlihat lebih profesional, jangan khawatir, karena banyak template gratisan yang bisa didownload, kalau perlu beli, tapi kalau ngblog salah satu faktor terpentingnya adalah isi dari tulisan kita, sooo bakalan pembaca betah berlama-lama nongkrong di blog kita.

2. tidak gaptek
istilah gaptek sendiri ialah gagap teknologi, artinya kurang pandai dengan sesuatu hal yang berbau teknologi, yesss ini sangatlah betul, para blogger tentunya sudah sedikit paham mengenai dunia maya, apalagi yang berbau dengan blog, dari desain tema hingga bahasa pemograman di internet. dulu awal gue ngeblog sama sekali ngga paham yang namanya istilah bahasa pemograman (HTML/CSS), tapi lama kelamaan istilah bahasa ini bakalan ngga asing lagi jika udah ngedalemin yang namanya bloging, jadi santai aja bila masih awal mula ngeblog, semua butuh proses dan konsisten
5 manfaat dan keuntungan menulis di blog
3. koneksinya luas
ada banyak cara untuk bisa melatih diri berkomunikasi, membangun koneksi di dunia nyata tidaklah jauh berbeda dengan dunia maya, semua punya tata krama dan cara, termasuk saat ini kita sedang berkomunikasi melalui tulisan. jika didunia nyata mengenal yang namanya tatap muka, didunia maya pun sama halnya, yang membedakan hanyalah jarak dan ruang yang digunakan, jadi pada intinya ada banyak hal untuk kita bisa belajar dengan melalui apa saja, tergantung darimana kita menyikapi dan menggunakannya, jika untuk positif maka akan dapat manfaat positif, namun jika sebaliknya bakalan terkena juga goresan tajamnya pisau.
5 manfaat dan keuntungan menulis di blog
4. tempat mengexpresikan diri
apa yang membuat orang menyukai menulis? yesss...salah satunya adalah cara untuk melampiaskan maupun mengexspresikan diri, menulis di blog tidaklah ada batasan wajib harus menulis tips maupun tutorial, jika punya kreatifitas dari cerita maka tuangkanlah, walaupun dijaman sekarang ini semua  sudah tersedia di internet, namun tetap saja yang namanya membaca buku tetap dilakukan dan menjadi kewajiban, karena ilmu yang didapatkan dari sumber penulis yang jelas akan lebih baik ketimbang dari internet.
5 manfaat dan keuntungan menulis di blog
5. ajang kreatifitas tampa batas
yesss...ini sangat benar sekali, banyak pula perusahaan yang mengadakan lomba untuk kepentingan pemasaran, salah satunya mengajak para bloggers untuk menulis dengan tema tertentu, dan hadiahnya maupun timbal balik tersebut sangatlah sebanding dengan fikiran yang telah kita curahkan, jika kalah dalam perlombaan maka kita akan jadi paham mengenai sisi kesalahan dari tulisan yang kita buat, dengan begitu kita akan tahu cara untuk memperbaikinya. buat temen-temen yang mau terjun didunia blogging baik untuk partime maupun full time tidaklah masalah, yang terpenting selalu berkarya dengan apa yang kita bisa.

Komentar

Popular Post

11 Tips Fotografi Saat Mendaki Gunung

Solo traveling & kata orang lain

6 peralatan fotografi landscape

Suka fotografi, kalau sudah besar mau jadi apa?

Bukan Seberapa Jauh Kalian Pergi