9 tips memotret human interest


pengertian human interest didalam fotografi sendiri ialah sebuah potret yang menggambarkan suasana kehidupan dan aktifitas manusia, khususnya pada lingkungan tertentu. walaupun ada hubungannya dengan fotografi jurnalistik, namun human interest fotografi berbeda satu sama lain, jurnalistik lebih mengedepankan informatif dan etika-etika yang lebih mendalam.
9 tips memotret human interest
mengapa memotret human interest? jawabannya simple, karena manusia bisa ditemui dimana saja dan kapan saja, oleh karena itu memotret human interest sudah menjadi bagian dalam dunia fotografi, bahkangrafi foto human interest adalah bagian dari fotografi perjalanan, khusunya sebagai pelengkap yang tak melulu landscape. hehe

9 tips memotret human interest
memotret human akan terasa lebih bermakna jika mampu menggambarkan suasana dramatis

yang harus dipahami dalam memotret human interest:
  • terlihat lebih dramatis, namun cukup menggambarkan suasana lingkungan tersebut. 
  • tidak ada aturan wajib memotret di sebuah pasar, bisa dilakukan juga disaat traveling 
  • objeknya tidak melulu orang tua renta, bisa anak kecil disekitar lingkungan 
  • tidak harus close-up, tapi cukup mewakili dan menangkap suasana 
  • menggunakan lensa tele bisa dilakukan pada saat tertentu, misalnya memakai 70-200 mm 
  • pagi hari dan sore hari salah satu waktu terbaik untuk memotret
memotret human interst yang sering saya lakukan ialah:

1. traveling

dengan kita traveling ke berbagai tempat, seorang fotografer dituntut untuk terus belajar dan mengupdate skilnya, traveling tidak melulu memotret landscape, tapi dengan cara pandang dan tempat baru yang belum pernah dikunjungi, maka seorang fotografer mampu menangkap moment dengan berbagai latar budaya dan aktifitas manusia, dengan begitu foto yang dihasilkan akan lengkap, misalnya saja mengunjungi sebuah acara festival dll.

2. kunjungi festival
9 tips memotret human interest

salah satu hal yang membuat saya tertarik saat festival ialah jarang diadakan, mengapa? ada salah satu kepuasan tersendiri jika kita memotret human interest pada saat festival, karena hampir semua festival tertentu hanya bisa dijumpai  saat waktu tertentu saja, bahkan bisa setahun sekali.
9 tips memotret human interest

3. memotret di pasar
tidak selalunya mengunjungi berbagai festival di suatu daerah, namun bukan berarti seorang fotografer terus berhenti memotret, update skilnya dimanapun kita berada, didaerah manapun kita tinggal saya yakin bisa menjumpai pasar tradisional
mengapa memotret human interet di pasar? karena di tempat ini adalah ruang untuk berkumpulnya berbagai aktivitas manusia, termasuk transaksi, berdagang dll. manfaatkan peluang tersebut sebagai ketertarikan kita untuk terus belajar memotret.
4.natural
memahami tips dan 7 cara memotret human interest dalam fotografi
tips jika memotret usahakanlah menghindari membawa lensa yang besar, misalnya lensa tele 200 mm, karena objek yang kita potret akan merasa grogi dan hasil fotonya tidak terlihat natural, jika mau membawa lensa tele untuk mendapat foto yang terlihat alami dan candid, usahakanlah fotografer menjauh dari objek, namun setelah memotret barulah kita datangi dan komunikasikan bahwa kita telah memotretnya, saya yakin orang tersebut pasti senang dengan hasil fotonya, jika orang tersebut meminta fotonya, usahakanlah sebisa mungkin untuk memenuhinya.

5. membawa permen
memahami tips dan 7 cara memotret human interest dalam fotografi
pernahkah memotret sekumpulan anak kecil disebuah aktivitas? saya rasa ketika kita memotretnya pasti akan merasa senang, tapi setelah itu alangkah baiknya memberikan sebuah timbal balik berupa sesuatu misalnya saja permen, mengapa permen? sesuatu yang mudah dibawa kemanapun dan sangat murah harganya, terlihatnya sepele tapi sangat luar biasa maknanya, dan ini sebagai salah satu trik memotret human interest didalam fotografi.

6. kondisi alam dan budaya
9 tips memotret human interest
manusia satu dengan yang lainnya berbeda satu sama lain, oleh karena itu alangkah baiknya mencari tahu terlebih dahulu apakah kondisi ditempat tersebut sangat sensitif bila kedatangan seorang fotografer dll, karena posisinya kita sebagai tamu, sudah selayaknya kita mengikuti aturan tersebut, jangan sampai gara-gara ingin memotret malahan menimbulkan masalah yang berkepanjangan, itu adalah salah satu contoh yang sepele namun sangat penting.

7. komunikasi

rahasia memotret human interest ada di sebuah jalinan komunikasi, jangan sampai ketika ingin memotret dan tidak diijinkan lalu memaksanya, berkomunikasilah terlebih dahulu, matikanlah kamera sejenak, dengan komunikasi akan membuka peluang banyak untuk mendapatkan informasi dll, barulah setelah selesai bilang yang baik-baik bahwa saya ingin memotret anda sebagai kenang-kenangan.

8. pagi dan sore hari
memahami tips dan 7 cara memotret human interest dalam fotografi
suasana ibu dan anak saat golden hours

rahasia keberhasilan foto human interest ialah suasana dramatis, pagi dan sore salah satu moment terbaik untuk memotret, pagi hari biasanya banyak seseorang yang melakukan aktifitas diluar, apalagi ditambah sedikit suasana kabut. jika sore hari biasanya moment sunset bisa dimanfaatkan sebagai tambahan background yang dramatis, saya yakin ketika memotret di pagi dan sore hari memakai kamera apapun hasilnya akan bagus.

9. pentingnya komposisi
9 tips memotret human interest

bagi sebagaian orang, konsep dan teknik rule of third mungkin dianggap sangat penting, namun jangan terpaku hanya pada konsep ini saja, banyak-banyaklah ber-eksperimen ketika memasukan objek kedalam frame, dengan terus berlatih maka suatu saat dengan sendirinya tampa disadari foto-foto yang dihasilkan terasa bagus, biarkanlah orang yang menilai karya kita, 1 hari belajar, 1 hari praktek, 1 hari upload, dan 1 tahun karya kita akan mulai terasa di apresiasi orang.

Komentar

Popular Post

11 Tips Fotografi Saat Mendaki Gunung

Suka fotografi, kalau sudah besar mau jadi apa?

Solo traveling & kata orang lain

6 peralatan fotografi landscape

Bukan Seberapa Jauh Kalian Pergi