9 macam jenis fotografi yang perlu dipahami


jenis fotografi maupun macam aliran fotografi sangatlah beragam, namun terdapat beberapa genre yang pada umumnya sering dijadikan hobi seseorang dalam memotret, berikut:
1. travel fotografi
9 macam jenis fotografi yang perlu dipahami

genre fotografi perjalanan belumlah lama diperbincangkan publik, bahkan tahun 2000-an saja belum ada profesi ini, namun berkat teknologi yang semakin berkembang membuat fotografi mempunyai profesi yang bermunculan baru. banyak orang bilang bahwa profesi ini sangatlah menyenangngkan, sudah jalan-jalan dan dapat uang pula, mungkin bisa dibilang fotografi yang paling menyenangkan dan diidam-idamkan seseorang. travel fotografi tidaklah sekedar memotret landscape atau alam dan budaya, namun didalamnya banyak sekali teknik dan konsep sehingga bisa disebut travel fotografi. berbicara travel fotografi tentunya tidak terlepas pula dari yang namanya memotret human interest, food fotografi, hingga arsitekture fotografi, bisa dibilang profesi travel fotografi paling banyak untuk memahami berbagai jenis genre yang terkait dengan perjalanan, oleh karena itu genre fotografi ini banyak yang diminati oleh kalangan anak muda karena sifatnya yang lebih luas.

2. landscape fotografi
jenis ini merupakan salah satu konsep maupun elemen yang terkait dengan travel fotografi, namun diperlukan pula teknik khusus dan timing yang tepat ketika memotret. biasanya para fotografer di genre landscape akan keluar memotret pada waktu pagi dan sore hari, karena arah cahaya dan suasana yang masih bagus untuk mendapatkan momen dan hasil foto yang indah. berbicara landscape fotografi tentunya tidak terlepas yang namanya filter yang digunakan oleh fotografer, berikut jenis dan fungsi filter dalam fotografi landscape.

  • GND FILTER (graduted neutral density) adalah jenis filter yang digunakan untuk fotografi landscape, ditandainya dengan warna kehitam-hitaman di bagian atas filter sampai garis tengah lensa dan bagian netral dibawah.
fungsi filter GND dalam fotografi adalah untuk menyeimbangkan exposure antara langit dan daratan, contohnya ketika memotret pada saat sunset dimana langit lebih cerah daripada daratan, maka ketika menggunakan filter ini akan membantu menyeimbangkan exposure hasil foto yang lebih menarik
  • FILTER CPL (circular polarizer) adalah jenis filter yang salah satu fungsinya digunakan untuk mengurangi pantulan didalam foto ketika memotret, misalnya saat memotret di air terjun maupun kaca dimana hasil foto akan nampak pantulan kedalam frame. 
9 macam jenis fotografi yang perlu dipahami

    fungsi filter cpl diperlukan salah satunya ketika memotret dimana objek akan memantul kedalam kamera, misalnya air terjun dll, selain itu pula filter ini mempunyai manfaat untuk meningkatkan kontras dan saturasi secara langsung tanpa terlebih dahulu mengaturnya di settingan kamera. untuk jenis filter ini usahakanlah membeli dengan kualitas yang baik, harga tidak pernah berbohong dengan kulaitas, walau bagaimanapun jenis filter yang mahal sekalipun akan mempengaruhi hasil foto.
    • FILTER ND (neutral density) dalam fotografi ialah salah satu filter yang digunakan untuk sedikit menghambat cahaya yang masuk kedalam sensor kamera, seringkali filter ini digunakan untuk pemotretan long exposure pada saat siang hari karena cahaya yang berlebihan, oleh karena itu filter ini sangat bermanfaat buat para penyuka teknik long exposure saat memotret landscape. 
    3. human interest fotografi
    9 macam jenis fotografi yang perlu dipahami


    pengertian human interest didalam fotografi sendiri ialah sebuah potret yang menggambarkan suasana kehidupan dan aktifitas manusia dalam sebuah lingkungan tertentu. walaupun ada hubungannya dengan foto jurnalistik namun human interest fotografi berbeda satu sama lain, karena foto jurnalistik lebih mengedepankan informatif dan etika-etika yang lebih mendalam.

    mengapa memotret human interest? jawabannya simple gannn, karena manusia bisa ditemui dimana saja dan kapan saja, oleh karena itu memotret human interest sudah menjadi bagian dalam dunia fotografi, bahkan ketika traveling sekalipun memotret human interest penting sebagai pelengkap foto yang tak melulu landscape.

    4.food fotografi
    9 macam jenis fotografi yang perlu dipahami

    genre ini juga termasuk kedalam travel fotografi, karena mengexpose kuliner yang menjadi ikon tempat sang travel fotografer memotret. komposisi didalam food fotografi sangatlah penting agar ketika orang melihat foto tersebut rasanya langsung jadi laper, jika salah pencahayaan maupun komposisi ketika kita mengunggah foto tersebut ke media sosial maka bisa dikira pamer makanan.

    5. street fotografi
    9 macam jenis fotografi yang perlu dipahami
    bidang ini bisa dibilng fotografi yang bisa dilakukan disemua tempat maupun jalanan, banyak penyuka tipe atau genre street fotografi karena bisa dilakukan dimana saja, namun tetap harus memahamai penggunaan settingan kamera seperti genre fotografi lainnya.

    6. industrial fotografi
    9 macam jenis fotografi yang perlu dipahami
    hampir bisa dibilang mempunyai kesamaan dengan fotografi company profile, hal yang membedakan ialah konsep pemotretannya, bila company profile lebih menekankan kepada ciri khas maupun keistimewaan company yang diperkenalkan ke publik melalui foto, namun jika industrial lebih spesifik penekanannya ketimbang company profile 

    7. widlife fotografi
    9 macam jenis fotografi yang perlu dipahami

    sebuah genre yang paling membahayakan, harus punya mental yang baik agar bisa memotret di alam liar, jika salah konsep dan perhitungan yang matang sebelum memotret maka taruhannya nyawa, lihat saja foto-foto widlife di national geographic sangatlah bagus-bagus, namun dibalik semua itu tantangganya berat, itulah genre fotografi ini.

    8. jurnalistik fotografi
    9 macam jenis fotografi yang perlu dipahami
    fotografi jurnalistik adalah para mereka fotografer yang terikat dengan sebuah instansi maupun aturan-aturan resmi yang termuat didalam undang-undang, tidak semua foto bisa dimasukan kedalam fotografi jurnalistik, aturan sangatlah penting untuk dipahami agar hasil foto layak untuk dipublikasikan dimedia maupun koan-koran tertentu. contoh aturan fotografi jurnalistik salah satunya ialah memotret sesuai dengan keadaan riil (nyata) yang sbenenarnya terjadi, jika pengambilan fotonya salah maka tidak mungkin dimuat oleh media, bisa bahaya jika publik melihat foto tersebut lalu menerjemahkan fotonya dengan yang lain.

    kecanggihan teknologi baru yang belumlah lama keluar dalam jenis fotografi, namun ketika memotret dengan ini dibutuhkan alat khusus seperti drone, dengan begitu hasil foto akan berbeda pada umumnya, banyak pula fotografer maupun videografer memanfaatkan alat ini sebagai pelengkap dalam mengambil objek, dengan begitu angel foto yang diambil akan terasa makin lengkap.

    Komentar

    Popular Post

    11 Tips Fotografi Saat Mendaki Gunung

    Solo traveling & kata orang lain

    6 peralatan fotografi landscape

    Bukan Seberapa Jauh Kalian Pergi

    Suka fotografi, kalau sudah besar mau jadi apa?