9 cara memotret di pantai


memotret di pantai tidaklah sulit seperti yang dibayangkan, namun terlebih dahulu harus faham mengenai tips dan triknya agar mendapat hasil foto yang diinginkan. Inspirasi memotret datang darimana saja, termasuk membaca melalui majalah travel fotografi maupun artikel yang membahas mengenai tips dan trik fotografi, dengan begitu pengetahuan dan praktek akan semakin berimbang, berikut ulasan mengenai tips dan trik memotret di pantai

9 cara memotret di pantai
sekali dayung, dua tiga pulau terlampau. begitu juga dengan fotografi, belajarlah dari hal yang terkecil, nanti lama-lama akan menghasilkan foto yang bagus.
1. tentukan jadwal
perbedaan yang saya rasa paling menonjol antara fotografer pro dan pemula ialah masalah mengenai jadwal
9 cara memotret di pantai
untuk memotret surving, gunakanlah lensa tele dan shutter speed yang tinggi agar objek tercapture dengan baik

mengapa riset dan menentukan jadwal lebih awal sangat penting buat para fotografer? persiapan lebih dini bagi saya adalah segalanya, menikahi seorang wanita yang diidamkan-pun membutukan waktu dan persiapan lebih matang agar tidak menyesal dikemudian hari, begitu pula dengan para pecinta fotografi, melakukan riset terlebih dahulu mengenai detail pantai yang akan dipotret akan lebih baik, salah satu keuntungan lainnya ialah pemesanan tiket lebih dini akan dikenai harga yang lebih murah, baik hotel maupun tiket pesawat.



cara melakukan riset sebelum berangkat sangat beragam, dari mulai melihat foto-foto di internet maupun majalah mengenai tempat tersebut, sekiranya bisa menjadi gambaran angle foto apa saja yang akan di ambil, lebih-lebih jika risetnya mengenai budget travel serta informasi lokasi yang dituju tentunya akan lebih matang.
9 cara memotret di pantai
2. editing atau traveling lagi? 
lebih baik menikmati hasil foto yang sudah jadi daripada nangkrongin didepan PC, dengan begitu efisiensi waktu untuk menentukan destinasi selanjutnya yang akan dituju, usahakanlah saat memotret langsung jadi dan bisa di upload ke media sosial, dengan begitu tidak akan ada yang namanya pekerjaan dua kali, jika ingin mengeditnya usahakanlah menggunakan file RAW agar hasil foto lebih maksimal dan tidak pecah saat di edit, berbeda dengan hasil yang sudah jpeg lalu di edit. salah satu keuntungan lain menggunakan file RAW ialah untuk membuktikan hak kepemilikan asli foto jika suatu saat ada yang mengaku-ngaku foto tersebut.
9 cara memotret di pantai
jangan lupakan objek dalam foto yaa.hehe. seperti contoh foto diatas. ada sapi. mooooo.hehehe
3. memakai teknik slow shutter
apa sih keuntungan menggunkan teknik ini? pahami dahulu cara kerja dan manfaat teknik slow speed dalam fotografi
keuntungan menggunkan teknik slow speed salah satunya untuk meminimalkan bintik nois pada saat low light, dengan begitu foto yang dihasilkan terlihat lebih menarik, jika memotret di air yang bergerak maka hasil fotonya akan terlihat seperti kelembutan kapas. 
memotret landscapae dengan kamera DSLR menggunakan teknik slow speed di siang maupun sore hari tentunya membutuhkan tripod dan penyesuaian settingan kamera, gunakanlah shutter speed 30 detik (bergantung kondisi cahaya) dan aperture f/11 (tergantung objek) agar hasil foto pantai terlihat lebih menarik.
9 cara memotret di pantai
jika ingin memotret long exposure demi iso yang rendah, gunakanlah shutter speed lebih dari 30 sec menggunakan mode bulb dan timer
4. pagi, sore atau siang hari?
banyak para landscaper berangkat memotret pada saat pagi dan sore hari, karena cahaya yang masih dramatis dan lembut, namun ketika traveling belum tentu kita bisa sampai tepat waktu sesuai yang diperkirakan, mudah-mudahan saja selalu tepat waktu dan aman ditengah perjalan.
9 cara memotret di pantai
gili trawangan, pantai yang bebas polusi. fotografer wajib kesini.hehe
pada saat itu saya berangkat traveling untuk memotret dipantai, namun karena sedikit kendala, ahirnya saya tiba saat pukul 11.30, apakah memotret pada jam tersebut masih baik? jawabannya bergantung kepada tangan dibalik kamera, pintar-pintarnya mengakali agar hasil foto lebih maksimal, namun usahakan datang pada saat pagi dan sore hari karena langit yang masih lembut dan kemungkinan besar bisa mendapat hasil foto yang lebih maksimal.
video:pilih gunung atau pantantai?


5. pentingnya foreground dan  background pada saat memotret sangatlah perlu, namun pilihlah yang menarik, bisa aktifitas nelayan, batu karang, maupun pepohonan, itulah yang membedakan foto pantai yang satu dengan yang lainnya, bahkan foreground dan background tersebut akan menjadi ciri khas pantai satu dengan yang lainnya.
#vlog -mantai di LOMBOK-

6.memahami fitur kamera masing-masing sangatlah diperlukan, karena fitur kamera satu dengan yang lainnya jauh berbeda, contoh hal kecil saja saat memotret bersamaan disatu tempat hasilnya akan berbeda satu sama lain oleh masing-masing fotografer, karena masing-masing fotografer mempunyai perbedaan cara untuk mengexpresikan hasil fotonya, oleh karena itu memahami kamera yang dimiliki sendiri sangat penting, agar hasil fotonya lebih maksimal
9 tips cara memotret di pantai




7. kondisi low light seringkali akan menikan jumlah iso, dengan begitu menimbulkan bintik nois, penting buat para fotografer untuk selalu meminimalkan nois agar hasil foto lebih jernih
9 cara memotret di pantai


8.  jam terbang yang tinggi akan mempengaruhi hasil foto, dengan traveling dan melihat foto-foto bagus, nanti mata kita akan terbiasa untuk menangkap moment disekeliling dengan baik.

memotret landscape pantai membutuhkan peralatan fotografi yang mendukung, walaupun tidak harus memilikinya, namun sebagai aksesoris tambahan agar hasil foto semakin bagus, gunakanlah filter GND, CPL, dan ND. untuk meghasilkan foto pemandangan pantai yang indah, foreground dan background sangat mempengaruhi hasil foto, karena termasuk komponen penting dalam memotret.

9 tips cara memotret di pantai

9. segala sesuatunya membutuhkan kenyamanan termasuk enjoy, dengan begitu kita bisa menyiasati moment memotret dengan baik.
9 tips cara memotret di pantai

Komentar

Popular Post

11 Tips Fotografi Saat Mendaki Gunung

Bukan Seberapa Jauh Kalian Pergi

Suka fotografi, kalau sudah besar mau jadi apa?

Solo traveling & kata orang lain

Traveling Ke Lombok Tanpa Kata Cuti