7 tips memotret dengan handphone

cara memotret menggunakan hp (smartphone) tidaklah susah seperti yang dibayangkan, hanya perlu mempelajari trik dan tipsnya agar hasil fotonya lebih maksimal, bahkan ketika saya traveling walaupun membawa kamera DSLR masih saja manfaatkan yang namanya kamera smartphone, terkadang ketika ingin share ke media sosial enaknya langsung mengambil foto melalui hp, walaupun kamera DSLR sekarang ini sudah dibekali fitur wifi yang memungkinkan pengguna bisa langsung mentransfer fotonya, tetap saja smartphone masih penting digunakan. semua foto dibawah saya ambil menggunakan kamera handphone milik saya sendiri.
7 tips memotret dengan handphone
memotret breakfast hotel menggunakan ponsel

7 tips memotret dengan handphone
walaupun punya kamera DSLR, tetap saja kamera ponsel bisa dimanfaatkan



yang perlu dipahami sebelum memotret menggunakan kamera smartphone
  • apapun merk hp nya entah android, apple, dll ketika memotret yang terpenting ialah siapa tangan dibalik foto tersebut, jadi terinspirasilah dari tangan orang-orang tersebut.
  • cuaca sangatlah berpengaruh terhadap hasil foto, waktu terbaik untuk mengabadikan foto ialah pada saat cuaca cerah seperti pagi dan sore hari
  • sensor kamera smartphone dengan DSLR sangatlah jauh berbeda, oleh karena itu memotret menggunakan smartphone ada trik khusunya
  • pahami jenis kamera dan spesifikasi handphone yang dipakai, terlebih fitur yang sediakan



memotret tidaklah sekedar memencet tombol shutter, diperlukan imajinasi layaknya membuat sebuah lukisan, berikut tips dan triknya:

1. inspirasi
semua karya adalah tiruan, namun para mereka yang cerdas tentunya tak hanya sekedar copas, gunakanlah trik ATM (amati, tiru, modifikasi) dari seseorang yang kita jadikan inspirasi dalam memotret.
cantik: banggg...kenapa harus punya inspirasi untuk memotret?

jelek: simple aja si neng...ketika kita punya inspirasi dalam pekerjaan apapun tentunya akan lebih bersemangat

cantik: kalau saya belum punya inspirasi terus gimana?

jelek: perbanyaklah memotret, jika pakai handphone teruslah berlatih, dengan begitu lama kelamaan kita akan sadar mengenai passion apa yang cocok (jenis fotografi yang disukai)

cantik: emangnya fotografi ponsel punya genre?

jelek: punya...fotografi layaknya komunitas, tidak hanya komunitas fotografer yang pakai DSLR saja, bahkan sekarang udah banyak komunitas pecinta fotografi pengguna drone

cantik: tapi kadang saya malu ketika memotret pakai smartphone

jelek: ketika kita berlatih berawal dari sesuatu yang susah, tentunya disaat menggunakan kamera yang bagus akan lebih menguasai, jika pakai yang sempurna aja bisa kenapa pakai yang lebih sempurna ngga bisa, kan logikanya gitu neng.

cantik: sempurna kaya aku ya banggg😆

jelek: wkwkwk



2. spesifikasi kamera
7 tips memotret dengan handphone
traveling tidak selalunya memotret memakai DSLR, adakalanya memotret menggunakan ponsel
pada umumnya kamera ponsel yang standar pabrik tidak bisa menggunakan mode manual ketika memotret, alias auto, hal ini seringkali tidak bisa membuat hasil foto lebih maksimal
cantik: spesifikasi kamera yang bagus kaya apa si?

jelek: ada banyak opini yang muncul dan menjelaskan, tapi saya ambil kesimpulannya ialah kamera ponsel yang bagus ialah yang cocok dengan uang yang kita punya saat membeli

cantik: terus gimana caranya agar bisa memaksimalkan penggunaan kamera ponsel?

jelek: ada banyak caranya kok nenggg, tinggal kita pahamin aja satu persatu, yang jelas mode manual hanya tersedia pada ponsel tertentu yang sudah dibekali dari pabrik, sehingga ketika kamera yang kita punya belum mendudukng fitur manual, tentunya bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga

cantik: kenapa harus pakai mode manual...?

jelek: yang jelas kita bisa memaksimalkan settingan kamera, seperti penggunaan ISO, aperture dll, sehingga foto yang dihasilkan lebih memuaskan, namun kalau ngga mau ribet gunakan saja mode kamera ponsel bawaan pabrik

cantik: apa bedanya mode manual dengan mode auto?

jelek: semua mode auto pada kamera pada saat digunakan tentunya akan mengolah gambar yang diinginkan kamera, tapi kalau mode manual ibaratnya kamera yang kita perintahkan untuk membuat desain fotonya... jadi simplenya seperti itu, tapi ini adalah pendapat pribadi saya sendiri selama memotret, jadi jangan jadi patokan utama.
3. jarak objek memotret
7 tips memotret dengan handphone
menginap di hotel bintang 5 jangan lupa untuk memotret diatas gedung, taken in surabaya
ada banyak cara untuk menciptakan foto bagus dan indah, salah satunya adalah jarak objek dengan kamera pada saat memotret, definisi memotret adalah mengambil dan menciptakan melalui sepotong ukuran, oleh karena itu buanglah potongan (bagian) yang tidak penting dan ambil sesuatu yang penting (bukan crop foto)
cantik: mengapa jarak memotret sangat penting?

jelek: ada salah satu trik jika memotret dari kejauhan hasilnya tidak maksimal, maka mendekatlah ke bagian objek, apalagi jika kamera ponsel, tentunya lebih mendekat agar bisa mendapatkan foto yang lebih detail, lagi pula ketika memotret menggunakan ponsel yang standar ketika di zoom hasilnya akan pecah, namun ada juga ponsel yang sudah dibekali dengan aksesoris tambahan layaknya lensa tele, tentunya ini akan berbeda lagi hasilnya

cantik: foto pakai hp bisa di print dan dipasang di bilboard ngga bang?

jelek: semua foto bisa, namun bilboard dan kamera juga punya ukuran yang sudah ditentukan (resolusi), yang jelas resolusi foto dengan jumlah sekian akan bisa dipasang di papan bilboard dengan panjang dan lebar sekian pula, fungsinya agar bisa mendapatkan tampilan yang lebih maksimal

cantik: resolusi foto ada berapa si bangg..

jelek: banyak, dari mulai yang terkecil hingga terbesar, misalnya saja seperti smartphone canggih yang baru keluar belum lama ini, resolusi fotonya udah nyamain kamera DSLR, ada yang 4k, 6k dll
4. cahaya
7 tips memotret dengan handphone
cuaca yang mendung bisa dimanfaatkan untuk memotret memakai ponsel
hampir bisa dibilang bahwa cahaya mempunyai 40% faktor yang mempengaruhi keberhasilan pada hasil foto, saking pentingnya maka diciptakan yang namanya flash (cahaya buatan) untuk memberikan hasil yang lebih optimal
cantik: kapan ketika memotret menggunakan flash?

jelek: yaitu saat dimana kamera tak mampu lagi untuk membuat objek lebih menarik. kita tidak mungkin selalunya mendapat arah cahaya yang bagus, ada titik tertentu dalam moment memotret, misalnya saja malam hari, mau tidak mau ketika memotret menggunakan ponsel tentunya akan mengaktifkan flash kamera, salah satu fungsi lainnya adalah untuk meminimalkan timbulnya bintik nois pada foto

cantik: adakah settingan flash pada kamera ponsel?

jelek: selama ini saya belum menemukan settingan yang tersedia pada fitur kamera ponsel, berbeda lagi dengan kamera DSLR yang bisa di setting penggunaannya
5. bersihkan lensa kamera
7 tips memotret dengan handphone
traveling bersama keluarga jangan lupa yang namanya memotret, taken in jogja
ternyata kebersihan lensa juga sangat berpengaruh pada hasil foto, kelihatannya memang sepele, namun mempunyai efek, kalau ingin ngecek lensa ponsel kotor atau tidaknya bisa dicoba memotret lampu yang nyalanya putih dari jarak yang dekat, nanti hasilnya akan tahu mana lensa yang kamera ponsel yang besih dan kotor (trik sederhana).

6. tombol volume untuk shutter
7 tips memotret dengan handphone
gunung slamet, taken in banyumas
berat ponsel sangatlah ringan, jika kita tidak memegangnya dengan stabil hasil fotonya bakalan terlihat blur dll, salah satu cara memencet shutter kamera yang baik adalah melalui tombol navigasi volume dan tangan sambil memegangi ponsel agar meminimalkan shake

7. mini tripod
7 tips memotret dengan handphone
taken with phone in magelang
bagi yang suka memotret dan membuat video timelapse menggunakan handphone, ini adalah barang wajib yang digunakan, walaupun bentuk ponsel bisa ditaruh dimana saja, tentunya ini ngebantu banget buat kalian untuk memaksimalkan anggle foto

SALAM TRAVELERS & FOTOGRAFER...!!!

Komentar

Popular Post

11 Tips Fotografi Saat Mendaki Gunung

Solo traveling & kata orang lain

6 peralatan fotografi landscape

Suka fotografi, kalau sudah besar mau jadi apa?

Bukan Seberapa Jauh Kalian Pergi