7 cara memotret anak saat liburan

memotret anak gampang-gampang susah, namun bukan berarti mudah, objek yang difoto bukanlah sesuatu yang diam, melainkan selalu bergerak.
7 cara memotret anak saat liburan

seringkali orang tua merasakan bahwa anaknya adalah yang terganteng dan terbaik, semua orang tua akan beranggapan hal ini, namun jika sedang memotret usahkanlah menghindari perasaan ini, tentunya agar hasil fotonya lebih menarik.
cara memotret anak
bagaimana tips memotret anak agar foto liburannya makin berkesan? salah satu hal yang dipersiapkan orang tua sebelum berangkat liburan adalah meneliti terlebih dahulu tempat yang akan dikunjungi, apakah cocok dengan situasi dan kondisi anak, jika tempatnya mendidik dan seru maka si anak akan menjadi bebas mengexpresikan dirinya.
Sesuatu hal yang harus dipersiapkan dan dipahami tentang teknik sederhana memotret

  • orang tua mampu memilihkan tempat wisata yang cocok untuk liburan keluarga, dengan begitu si buah hati bisa menikmati moment tersebut 
  • persiapkanlah kamera sebelum berangkat, termasuk membawa pembersih lensa dll, karena terkadang anak penasaran dan ingin memainkan kamera, ex ketika di pantai seringkali lensa terkena cipratan air laut. 
  • tidak ada aturan yang mewajibkan bahwa si anak harus selalu tersenyum agar terlihat lucu 
  • jangan memaksakan expresi yang berbagai macam, biarkanlah anak berpose foto bebas dengan sendirinya 
  • pelajari teknik dasar memotret, dari penggunaan lensa yang cocok dll 
  • tidak harus menggunakan kamera SLR, dengan smartphone sekalipun hasilnya akan tetap bagus asalkan tahu tekniknya.
cara memotret anak
berikut tips memotret agar anak tetap nyaman dan bisa mengexpresikan kebahagiaan saat liburan:
1. biarkanlah anak berekspresi
sesuatu hal yang biasanya sering dilakukan ketika memotret adalah menyuruh anak untuk berexpresi, namun jika hal tersebut berlebihan akan membuat anak cepa bosan
bagaimana tips sederahana memotret yang baik? jangan menunggu anak untuk berpose terlebih dahulu, karena hasil jepretannya akan terlihat sedikit kaku, usahakanlah memotrenya saat mereka tidak mengetahuinya, dengan begitu hasilnya akan terlihat natural.

2. expresi bebas
cara memotret anak

biarkanlah anak-anak berpose dengan dirinya sendiri, dengan begitu si anak akan mengexpresikan sesuai karakter masing-masing yang dia punya, dengan begitu si buah hati tidak merasa bahwa dirinya disuruh harus bepose begini dan begitu.
3. tempat liburan
cara memotret anak

anak kecil sangat menyukai sebuah tempat yang mereka inginkan, misalnya ruang terbuka untuk bermain air, misalnya saja di pantai, walaupun usi anak sudah cukup untuk bisa bermain sendiri, orang tua tetap harus mengawasi, manfaatkanlah moment tersebut sambil memotret dan mengawasinya, potretlah anak secara sembunyi agar hasilnya terlihat candid, dengan begitu fotonya terlihat natural.



4. jangan menunggu moment yang tepat

cara memotret anak


mereka sibuk bermain dengan keasyikan dunianya sendiri, potretlah yang banyak jika menginginkan hasil yang memuaskan, nanti setelah sampai dirumah bisa dipilih salah satu yang paling bagus.

5. perlihatkan hasilnya kepada anak
cara memotret anak

ketika si kecil berpose keren di foto, perlihatkanlah hasilnya, dengan begitu anak juga ikut senang bahwa dirinya cocok untuk dipotret, ketika makin senang, si anak semakin banyak ide untuk terus berexpresi bebas, dengan begitu hasil fotonya terlihat unik dan ceria

6. belajar fotografi
memotret itu gampang-gampang susah, namun jika sering berlatih, saya yakin suatu saat hasil foto tersebut akan memuaskan dan bisa dijadikan photo album
7. konsisten dan sabar

Komentar

Popular Post

11 Tips Fotografi Saat Mendaki Gunung

Bukan Seberapa Jauh Kalian Pergi

Suka fotografi, kalau sudah besar mau jadi apa?

Solo traveling & kata orang lain

Traveling Ke Lombok Tanpa Kata Cuti