5 Tips dan Cara Menjadi Travel Fotografer

traveling adalah sesuatu hal yang paling menyenangkan, hobinya jalan-jalan dan memotret dan tentunya akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri, apalagi dijaman modern yang serba canggih tentunya membuat sesuatu menjadi lebih mudah dalam melakukan perjalanan, mulai dari boking hotel sampai dengan pemesanan tiket yang sekali sentuh langsung beres. Bagi teman-teman yang punya hobi traveling maupun fotografi, saya akan sedikit share pengalaman saya tentang travel fotografi

1. Riset Tempat
5 Tips dan Cara Menjadi Travel Fotografer
Dahulu sebelum munculnya era teknologi segala sesuatunya susah dan ribet, tentunya tak semudah dijaman sekarang ini, bahkan dengan adanya era teknologi yang serba canggih memberi kelancaran dalam mencari informasi mengenai selak beluk lokasi yang akan dituju, karena dengan melakukan riset tentunya mempunyai sedikit gambaran tentang tempat yang akan dituju, dan risetnya pun tak hanya detail tempat, namun dengan kita melihat foto-foto tempat tersebut akan menjadi lebih paham mengenai detail pengambilan gambar, hal ini akan membuat kita punya gambaran salah satunya angle foto apa yang akan di ambil.
saya pun melakukan hal tersebut dan hasilnya memang berbeda jika kita melakukan riset terlebih dahulu, contoh hal kecil saja ketika kita akan pergi  memotret di pantai, dengan kita melihat foto-foto di google tentang tempat tersebut, terus ada foto yang terlihat menarik, lalu kita meniru angle nya dan hasilnya bagus, senang bukan? apakah boleh meniru karya orang lain? Sangat boleh buat para fotografer meniru angle karya orang lain, bahkan ketika saya sedang memotret bersama teman ditempat yang sama, hasilnya pun berbeda satu sama lain.

2. Teknik Foto
Tips Menjadi Fotografer
Sesuatu hal yang sering membuat orang enggan memulai sebuah karya di bidang fotografi maupun travel fotografi ialah karena tidak punya kamera DSLR/MIRRORLESS maupun kamera bagus lainnya, menurut saya ini bukanlah merupakan sesuatu yang harus dimiliki terlebih dahulu ketika kita ingin memulai berkarya, karena dijaman sekarang kita bisa melakukan sesuatunya dengan mudah, dahulu saya sebelum mempunyai kamera DSLR (CANON) untuk mendokumentasikan sebuah perjalanan, saya memotret menggunakan smartphone, sesuatu hal yang paling penting dari travel fotografi ialah butuh berada ditempat dan momennya bagus, memotret dengan apa saja boleh asalkan mengetahui tekniknya, apalagi smartphone sekarang ini serba canggih yang dibekali dengan resolusi kamera yang hampir menyamai DSLR, jadi untuk berkarya bukanlah alat yang menjadi sebuah inspirasi kita, namun niat dan passion sangat diperlukan.

3. Ikuti Lomba Foto
5 Tips dan Cara Menjadi Travel Fotografer
my photos @khafidmukriyanto (instagram)
Orang yang sering mengikuti lomba foto tentu pengalamannya akan jauh lebih baik dibandingkan dengan yang tak pernah sama sekali, karena apa? Dengan kita mengikuti lomba foto maka akan jadi tahu mengenai foto apa yang biasanya sering menang, dan juga untuk mengasah skill memotret kita, ketika kita mengikuti lomba foto namun aturan lomba tersebut mengharuskan foto yang diambil harus fress alias foto dibulan sekarang ini, maka mau tidak mau kita harus keluar untuk memotret sesuai tema yang diperlombakan, satu hal lagi jika kita sering keluar untuk memotret pasti lama kelamaan tak terasa bahwa foto yang dihasilkan kita ternyata lebih baik daripada sebelumnya, karena pengalaman adalah cara terbaik kita untuk kita belajar. 

4. Budget
cara jadi travel fotografer
Setelah semua yang kita persiapkan untuk Traveling telah selesai, hal yang paling penting ialah budget, ada banyak tipe travelers mulai dari backpacker hingga solo traveler, semua tujuannya sama yaitu traveling, namun hal yang paling penting ialah ketika kita traveling tentunya membutuhkan budget kan, nah cara mengatur budget pun tentunya kita membutuhkan suatu informasi yang relevan agar rincian budget yang kita keluarkan bisa seminimal mungkin, caranya gimana? Ada banyak aplikasi online yang menyediakan pemesanan tiket dan hotel sekaligus, tinggal pintar-pintarnya kita memilih seperti yang diinginkan dan dibutuhkan, kalau perlu kita tanyakan kepada teman yang sudah pernah berkunjung ke tempat tersebut, karena dengan bertanya kepada teman yang sudah pernah maka akan mendapat informasi yang sangat penting dari mulai hotel yang murah sampai tempat makan yang unik namun murah.

5. Konsisten
5 Tips dan Cara Menjadi Travel Fotografer


Sebuah istilah yang selalu saya ingat ketika traveling “sebelum pro ada tahap amatir” itulah yang saya jadikan motivasi untuk selalu belajar berkarya melalui foto traveling maupun video dokumentasi, karena dengan terus belajar dan melakukan apa yang disukai nantinya karya-karya kita akan mulai banyak orang yang mengapresiasi, karena yang menilai karya kita adalah orang lain, bukan kita, jika karya yang kita buat bagus dengan isi dan kualitas yang tak diragukan, saya yakin uang akan datang dengan sendirinya. Semua yang saya share disini tak akan pernah terwujud apabila tak konsisten, saya yakin bahwa semua profesi yang ada didunia ini jika tidak dilakukan dengan konsisten maka hasilnya akan sama saja.

Komentar

  1. Wahh pengen juga jadi travel fotografer, tapi berhubung kameranya rusak jadi kalau solo traveling gitu masih foto pakai hp.
    Semoga bisa ngumpulin uang buat beli kamera, biar kaya abang jadi travel fotografer

    BalasHapus
  2. Halo agan khafid,
    artikelnya bagus dan menginspirasi, tapi bisa lebih perfect lagi kalo font-nya digedein biar nyaman bagi para pembaca. :)

    Mo nambahin,
    tentu butuh konsisten. Namun, di zaman sekarang ini siapa pun bisa jadi travel fotografer. Coba tengok di Instagram, banyak kan yg jago n bagus fotonya. Maka dari itu udah ga bisa yg namanya konsisten lagi, tapi persistent. Bikin konten yg tentunya menarik namun harus punya style keunikan tersendiri, beda daripada yg lain.
    Itu pesan salah satu fotografer/instagrammer Indo based in Melbourne (Bang Ading) pada saya.

    Portfolio foto udah banyak?
    Coba kirim ke media-media yg disertai dengan tulisan. Bener kata Bang Barry, travel fotografer harus bisa nulis. Meski skill nulis ga sejago novelist, at least bisa menceritakan keindahan dan panduan wisata tersebut.
    Kalo uda publish di media, siapa tau ada yg lirik, lalu ada tawaran job liputan. Begitu dan seterusnya, lama2 dikenal masyarakat.
    Emang perjalanannya sangat panjang dan ga mudah, tapi worth diperjuangkan kalo emang itu passion kita.


    "It's not just about destination, but the journey"

    https://www.flickr.com/photos/georgemartinus/albums

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

11 Tips Fotografi Saat Mendaki Gunung

Solo traveling & kata orang lain

6 peralatan fotografi landscape

Bukan Seberapa Jauh Kalian Pergi

Suka fotografi, kalau sudah besar mau jadi apa?