3 fakta unik ketep pass magelang

Barangkali seseorang baru mendengar nama ketep pass dan akan bertanya sebenarnya apa ketep pass itu? Ketep pass merupakan salah satu dari sekian banyak obyek wisata di Kabupaten Magelang, atau tepatnya di Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Ketep pass ini merupakan obyek wisata alam yang dikembangkan dengan ciri khas pegunungan, khususnya Gunung Merapi. Tidak hanya sekedar pegunungan, namun obyek wisata ini juga mempunyai fakta unik yang perlu diketahui.

melihat 5 gunung sekaligus
3 fakta unik ketep pass magelang
my photos @khafidmukriyanto (instagram)
 Obyek wisata ini mempunyai keunikan terdapat Pelataran "pancaarga" yang mempunyai arti lima Gunung, lokasi ini merupakan puncak tertinggi di obyek wisata ketep Pass, dari lokasi ini pengunjung dapat melihat lima gunung sekaligus, yaitu Merapi, Sindoro, Merbabu, Sumbing dan Slamet. Selain lima gunung tersebut, pengunjung akan dimanjakan dengan bentang alam yang luar biasa dengan bukit bukit yang indah, diantaranya ialah Bukit Tidar, Gunung Andong, Gunung Pring, Bukit Menoreh, dan Bukit Telomoyo. Ketep pass dengan Luas 8000 m2 yang berada pada ketinggian 1200 Mdpl sudah barang tentu bisa ditebak susasana udaranya. Sayangnya pada saat saya berkunjung ketempat tersebut cuacanya kurang mendukung, dengan awan tebal yang menutupi gunung tersebut, sehingga saya tidak bisa memotret full gunung tersebut. Padahal pada waktu itu saya sudah membawa kamera lengkap dengan alat-alat lainnya untuk mengeksplor tempat tersebut.

rute jalan yang unik
3 fakta unik ketep pass magelang
Fakta unik yang kedua ialah, wisata ini dapat dijangkau melalui empat rute sekaligus. Pada tanggal 17 oktober 2002, Ketep Pass diresmikan sebagai Obyek Wisata jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB) oleh presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekranoputri. Fakta uniknya ialah ketika kamu berkunjung ke obyek wisata ketep pass, tidak perlu khawatir akan melalui jalur atau rute mana asalkan masih dari SSB, Uniknya jalur tersebut masing-masing mempunyai angka kepala 3, apa sajakah itu?. Yang pertama dapat dijangkau dengan jarak 30 km melalui kota magelang, 35 km dari kota boyolali, 30 km dari candi borobudur, dan yang terakhir 32 km dari Salatiga yang dapat ditempuh melalui Kopeng dan Desa kaponan. Jika kamu berkunjung ketempat ini, jangan khawatir akan medan dan jaraknya, karena letak tempatnya yang strategis dan tidak jauh pula dari kota yogyakarta, tentunya akan membuatmu lebih gampang menuju kesana dengan Bus, Minibus, Mobil pribadi dan sepeda motor.
warung makan unik
3 fakta unik ketep pass magelang
Keunikan yang terahir yang paling saya sukai adalah dengan ciri khas tempat warung makan yang berdiri tegak berada di kaki gunung sekitar lokasi wisata ketep pass, unik bukan?. Dari jajaran warung makan tersebut saya bisa beristirahat dengan santai sambil melihat foto dari kamera yang tadi saya potret, apalagi ditemani secangkir kopi dan makanan hangat yang tentu ciri khas jawa, tentunya membuat saya ketagihan ingin berkunjung kembali. Warung makan ini salah satu tempat favorit saya ketika berkunjung di ketep pass, karena pada saat saya duduk ditempat ini, saya bisa mengambil foto landscape maupun video dokumentasi perjalanan saya. Uniknya para penjual makanan tersebut kebanyakan asli penduduk sekitar, jadi, dengan adanya kemunculan wisata alam tersebut dapat meningkatkan perekonomian warga dan mengurangi angka pengangguran.

Komentar

Popular Post

11 Tips Fotografi Saat Mendaki Gunung

Solo traveling & kata orang lain

6 peralatan fotografi landscape

Suka fotografi, kalau sudah besar mau jadi apa?

Bukan Seberapa Jauh Kalian Pergi