22 Tips dan Cara Memotret Landscape Saat Traveling

memotret landscape sama halnya dengan genre fotografi lain, selalu membutuhkan kesabaran agar bisa menghasilkan foto yang maksimal. ketika traveling, seringkali seseorang merasakan bahwa hasil fotonya kurang memuaskan. jika diteliti, tentu ada banyak faktor penyebabnya. Berikut saya share beberapa pengalaman saat memotret landscape
22 Tips dan Cara Memotret Landscape Saat Traveling
1. editing?
saat memotret, kemungkinan besar sang fotografer akan berfikir sebagai berikut, "ahh nanti fotonya bisa diedit, tentu jadi bagus dan bla bla bla". okeh tak apa-apa, saya pun pernah mengalaminya. namun, setiap kali saya habis traveling tentu mendapatkan foto ratusan, bahkan ribuan. kalau semuanya diedit, tentu sangat menguras waktu, benar bukan?. oleh karena itu, sebelum berangkat traveling, selalu saya bekali dengan konsep "lebih baik menikmati hasil foto yang sudah daripada menambah waktu". dari sinilah saya mulai lebih memaksimalkan penggunaan kamera dan sebagainya demi menghemat waktu.

kita bisa menggunakan file RAW untuk keperluan editing dan sebagainya. pertanyaanya adalah, apa tujuannya?. jangan mengira bahwa penggunaan file raw tak ada kaitannya dengan kebutuhan foto. penggunaan file raw tentunya selalu diikuti dengan kebutuhan hasil foto untuk apa dan mengapa. jikalau tidak, tentu akan menguras banyak space. tetapi, file raw pun punya kebermanfaatan yang belum banyak orang tahu, salah satunya adalah kepemilikan asli hak cipta foto (tanpa terkecuali).

2. Riset tempat
22 Tips dan Cara Memotret Landscape Saat Traveling


Sebuah kata yang simple namun hasilnya luar biasa. yess betulll, riset terlebih dahulu sebelum berangkat, bisa mngenai kondisi lapangan maupun angle yang akan kita potret. kalau perlu gunakan ilmu “ATM” (Amati, Tiru, Modifikasi), rumus simple fotografi.hehe

3. enjoy
22 Tips dan Cara Memotret Landscape Saat Traveling
photo taken with smartphone
segala macam profesi didunia ini, ketika dibarengi dengan rasa enjoy, saya yakin sebuah ide bisa saja muncul tanpa disangka seelumnya. semua permasalah fotografi pasti ada cara untuk mengatasi, tinggal mau dibikin ribet atau simple, iya kan?


4. Tokoh Inspirasi
22 Tips dan Cara Memotret Landscape Saat Traveling


Percaya atau tidak, salah satu tokoh inspirasi dalam pekerjaan ataupun hobi akan memberikan dorongan positif. mungkin alat-alat yang mahal dan bagus akan membuat kita lebih nyaman, namun alat saja tak cukup untuk menghasilkan foto maksimal. misalnya saja ansel adams, banyak fotografer yang mengagumi hasil karyanya.

5. Kemas Alat-Alat Dengan Baik
22 Tips dan Cara Memotret Landscape Saat Traveling


Riset-lah tempat sebelum berangkat, jangan berangkat dengan otak kosong. namun kita juga tak lupa untuk mengemas peralatan dengan baik, karena medan yang ditempuh belum tentu sesuai rencana, misalnya saja terjadi hujan ditengah perjalanan. mungkin ini adalah hal yang sangat sepele namun, sangat signifikan terhadap alat-alat yang kita bawa, bayangkan saja semua alat yang kita punya rusak, apalagi peralatan tersebut adalah hal utama dalam mengais rejeki, sangat disayangkan tentunya.


6. Passion
22 Tips dan Cara Memotret Landscape Saat Traveling
Apakah memang betul bahwa kita mempunyai passion dibidang tersebut? Jika iya, maka konsisten adalah jalan satu-satunya.


7. Pagi dan sore hari
22 Tips dan Cara Memotret Landscape Saat Traveling

Banyak fotografer bangun pada pagi dan sore hari untuk mendapatkan hasil foto terbaiknya, mengapa? cahaya yang masih lembut dan moment yang masih bagus akan membuat foto terlihat lebih elegan. salah satu alasan lainnya ialah pada saat  pagi hari masih banyak aktifitas warga yang bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap objek fotografi.


8. Kamera, Lensa, dll
22 Tips dan Cara Memotret Landscape Saat Traveling

alat hanyalah pembantu, tetapi kata kapan dan bagaimana adalah hal yang perlu difikirkan sebelum memotret. terinspirasilah dari sebuah ide. salah satu contohnya adalah memotret bareng teman, jenis kamera sama, tempat sama, namun hasil foto teman lebih baik daripada kita, mengapa?.

9. Gunakan filter

Berbagai jenis filter untuk fotografi dari mulai UV, CPL, GND, ND dll, namun semua itu menyesuaikan kebutuhan, ketika kita memotret landscape pun harus menyesuaikan filter apa yang seharusnya digunakan, dan tak lupa pula harus paham mengenai cara kerja filter tersebut. sangat disayangkan jika kita memakai filter namun hanya untuk bergaya-gaya saja. Untuk memotret landscape bisa menggunakan filter GND maupun CPL, namun menyesuaikan tempat dan kondisi.

10. ISO
22 Tips dan Cara Memotret Landscape Saat Traveling
Cahaya yang minim membuat kita terpaksa menaikan ISO, jika terlalu tinggi tentu akan berdampak pada kualitas hasil bidikan berupa timbulnya bintik NOIS (tergantung tipe kamera). bagaimana caranya agar bisa meminimalisir tersebut? Jawabannya tergantung tempat dimana kita memotret. saya berikan satu contoh saat memotret di pantai, salah satunya menggunakan teknik slow shutter, misalnya 1/30 detik dll. selain untuk meminimalkan nois pada foto, teknik slow shutter juga bisa digunakan untuk membuat foto terlihat lebih dramatis.


11. DOF (Dept of Field)
22 Tips dan Cara Memotret Landscape Saat Traveling

DOF atau yang sering kita sebut aperture atau yang sering kita lihat pada kamera dengan simbol f/6, f/5, f/10 dll, inilah yang dinamakan DOF, fungsinya tidaklah lain untuk mengatur ruang ketajaman pada kamera saat memengambil gambar

12. Mode Manual
22 Tips dan Cara Memotret Landscape Saat Traveling
Mode dan Fitur pada kamera hanya maslah teknis saja. tetapi ada pula keuntungan yang didapatkan saat menggunakan mode manual diamana fotografer diberi kebebasan untuk mengatur semua komposisi yang diinginkan. Bagi sebagian fotografer tidak semua menggunakan mode tersebut saat memotret. ada keuntungannya pula saat menemui moment yang sangat sekilas.

13. Manfaatkan Fitur Live View dan Grid
22 Tips dan Cara Memotret Landscape Saat Traveling
Pernahkah memotret di pantai? Bagaimana cara pengambilannya? Apakah melalui jendela bidik (viewfinder) ataucmenggunakan fitur live view? jika kamera sudah mendukung menggunakan fitur live view, lebih baik dimanfaatkan agar bisa mendapat foto dengan garis horizon pantai yang lurus.


14. Angle
22 Tips dan Cara Memotret Landscape Saat Traveling
Sebuah foto akan terasa indah bila angle yang kita ambil saling terhubung dengan berbagai objek, ada berbagai jenis angle yang bisa kita lakukan saat memotret landscape dan semua angle menyesuaikan kebutuhan tempat, misalnya saja ketika di pantai maka bisa memanfaatkan nelayan, karang, pohon dll sebagai tambahan obyek agar foto yang kita ambil terasa hidup. Karena saya mendefinisikan sebuah foto bagus adalah ketika orang melihat foto tersebut mereka akan merasakan seolah-olah berada ditempat tersebut.


15. Menganggap Foto Sebagai Lukisan
22 Tips dan Cara Memotret Landscape Saat Traveling
Ketika melihat sebuah lukisan pemandangan, apa yang ada didalam benak kita? Apakah jawabannya sebuah keindahan? Jika iya maka anggaplah foto yang akan kita ambil layaknya sebuah lukisan yang indah, namun perlu diperhatikan bahwa sebuah lukisan merupakan hasil imajinasi seseorang, begitu pula dengan para fotografer landscape sudah seharusnya foto yang akan kita ambil layaknya sebuah lukisan yang dihasilkan dari sebuah imajinasi yang indah.


16. Poin of Interest
22 Tips dan Cara Memotret Landscape Saat Traveling
Kamera tidak mengerti bahasa manusia, namun kamera bisa diperintahkan melalui settingan yang kita buat, dengan Point Of Interest (PI) maka kita bisa meletakan titik fokus yang ingin ditonjolkan dalam foto, oleh karena itu yang dinamakan Point of Interest (PI) sangatlah penting ketika memotret, pertanyaannya adalah mengapa penting? Jawabannya simpel, kita yang memotret, kita yang menginginkan, dan kita yang berkarya, jadi sangatlah bebas untuk kita menentukan PI terletak dimana

17. Pembersih Lensa
22 Tips dan Cara Memotret Landscape Saat Traveling
Seringkali pergi traveling untuk memotret namun jangan sampai melupakan membawa pembersih lensa, karena disaat memotret misalnya saja di pantai, seringkali lensa terkena cipratan air laut, jadi mau tidak mau agar bisa mendapat foto jernih kita harus membersihkan lensa, namun jangan sesekali ganti-ganti lensa, karena sensor kamera akan cepat kotor, cukup bersihkan kaca filter depan lensa agar lebih jernih, ketika mau membuka lensa usahakan sepulang traveling saat sudah sampai dirumah maupun di hotel untuk persiapan next trip.

18. Sudut Berbeda
22 Tips dan Cara Memotret Landscape Saat Traveling

Cobalah untuk menjauh sedikit dari objek agar foto terlihat berbeda, karena ketika kita sering memotret dengan sudut yang hampir semua anggle sama, ibarat kita punya banyak foto namun seperti duplikat, cobalah untuk mengurangi dengan mengahapus salah satu angle yang sama, keuntungannya pula akan lebih mengirit ruang memori.


19. Unsur Manusia
cara memotret landscape saat traveling

Belum tentu semua objek landsape yang kita potret akan menghasilkan foto yang bagus tanpa ada unsur tambahan manusia didalam frame, sebenarnya hal yang paling membedakan satu sama lain antara foto yang bagus dengan foto yang terlihat biasa-biasa saja adalah penempatan posisi objek, jika kita menempatkan objek didalam foto dengan komposisi yang pas, maka foto akan terlihat lebih elegan.

20. Malam Hari
cara memotret landscape saat traveling

Banyak fotografer diluar sana yang tidak full time menjadi travel fotografer, banyak pula yang menjalani sebuah profesi ini sebagai frelance travel fotografer, alasannya banyak, dari yang mulai ingin tetap bekerja dikantor dll, namun hal yang perlu diperhatikan dan yang paling penting adalah waktu, berbicara soal memotret landscape tidak harus pada saat pagi hari, untuk para mereka yang mempunyai waktu terbatas dan hanya bisa dilakukan dilain waktu pagi bisa juga saat malam hari, mungkin itu adalah sebuah solusi untuk tetap bisa bekerja dan memotret, namun terdapat kekurangannya pula bila memotret pada malam hari, mulai dari teknik dll, karena ketika memotret dimalam hari akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan memotret pada pagi dan sore hari, jawabannya adalah cahaya, namun jika sudah paham teknik apa yang digunakan misalnya menggunakan teknik slow shutter, maka hasilnya tidak kalah dengan para mereka yang punya banyak waktu untuk memotret.

21. Kualitas Atau Kuantitas?
22 Tips dan Cara Memotret Landscape Saat Traveling


Menurut saya ini adalah hal yang sering kita lakukan ketika belum faham sebuah konsep fotografi seperti apa, banyak pula yang dilakukan oleh para fotografer dadakan/pemula dalam memotret lebih memilih kuantitas daripada kualitas, semua memang ada jalan dan proses masing-masing sampai ketitik kualitas terbaik, namun tergantung kita mau menyesuaikan dengan cepat atau lambat.


22. Konsisten
22 Tips dan Cara Memotret Landscape Saat Traveling
Sebuah istilah yang selalu saya ingat adalah “sebelum pro ada tahap amatir” itulah yang saya jadikan motivasi untuk selalu belajar membuat foto maupun video tentang perjalanan saya.


semoga tips di atas membantu teman-teman yang akan pergi traveling maupun memotret landscape, semua saya share melalui pengalaman saya selama traveling dan memotret.

Komentar

Popular Post

11 Tips Fotografi Saat Mendaki Gunung

Bukan Seberapa Jauh Kalian Pergi

Suka fotografi, kalau sudah besar mau jadi apa?

Solo traveling & kata orang lain

Traveling Ke Lombok Tanpa Kata Cuti